Daurah Kitab 'Washiyyah' bersama Syeikh Dr Muhammad Syadi


Pondok Pesantren Dar El Wihdah menyelengarakan dauroh kitab Washiyyah karya imam Abu Hanifah bersama Syeikh Dr Muhammad Syadi ‘Arbasy Ad-Dimasyqi pada Selasa (25/07). Dauroh tersebut berlangsung di Aula Kampus Pondok Putri 2 Kuwungsari Sragen.



Dauroh ini diadakan untuk para praktisi pesantren untuk menyelami lebih jauh adab-adab seorang murid maupun pendidik. Kitab Washiyyah sendiri sebenarnya adalah catatan penting berisikan nasehat kepada murid Imam Abu Hanifah yang bernama Yusuf bin Kholid As-Samty.

“Seyogyanya seorang penuntut ilmu untuk memakai pakaian yang bagus dan kendaraan yang bagus. Kalau diniatkan untuk nafsunya sendiri maka itu tercela, namun jika diniatkan untuk menjaga wibawa ilmu yang dibawa oleh Rasulullah saw, maka itu sangat terpuji. Agar tidak ada perkataan orang awam, kenapa saya mau belajar ilmu agama, itu tengok para penuntut ilmu, ngurus pakaian saja tidak becus, bagaimana mau ngurus kehidupan saya”, ujar Syeikh Syadi saat menjelaskan beberapa ibarat dalam naskah..





Dauroh ini ramai diikuti para asatidz dari berbagai pesantren disamping asatidz Dar El Wihdah sendiri beserta para santri putra maupun putri. Harapannya para peserta dauroh bisa mengambil ketaqwaan, adab, akhlak, tarbiyah dari kehebatan Imam Abu Hanifah rah.a.

Di akhir acara, Gus Nizamuddin Aulia, Lc menghadiahkan kepada Syeikh Syadi sebuah Syair berbahasa arab yang sangat indah sebagai cindera mata untuk beliau.







Komentar