Kunjungan Studi Banding Ponpes Qoryatul Quran Sukoharjo




Pondok Pesantren Dar El-Wihdah Sragen, kembali menerima kunjungan studi banding dari lembaga pendidikan lain. Sekitar 40 orang pengurus dan asatidz lembaga pendidikan Pondok Pesantren Qoryatul Quran yang beralamatkan di Weru Sukoharjo, 10 tamu laki-laki dan 30 tamu perempuan berkunjung studi banding pada Senin (13/01/20).

Mereka tampak diterima jajaran asatidz Ponpes Dar El-Wihdah antara lain Ust. Faiz El-Kautsar, Ust. Muhammad Nurdin, Ust. Nizamudiin Aulia, Ust Amir Hasan di ruang Ta’lim ‘Aali, sedangkan rombongan putri diterima oleh para ustadzah dan santri putri di Kulliyatul Banaat..

Pimpinan Rombongan studi banding, Ust Lutfi alumni Syaam, dalam kata pembuka menyampaikan maksud tujuan studi banding, terutama ingin membahas tentang cara meuwujudkan suasana adab yang baik di lingkungan pesantren.

Sebelum pertemuan formal dengan Pimpinan Pondok KH Adrian Juanan Raden, S.Ag, peserta kunjungan studi banding sudah berdiskusi secara sarasehan dan banyak informasi didapatkan, terutama terkait hal-hal yang sistem tahfidz dan program harian.
Sementara itu, mewakili ponpes Dar El-Wihdah, Ust. Faiz El-Kautsar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan permohonan maaf, jika dalam menerima tamu masih kurang baik.

Selanjutnya Ust Nizamuddin menyampaikan terkait sejarah berdirinya ponpes Dar El-Wihdah. "Awal berdirinya pondok ini ketika datang rombongan dakwah dari Pakistan yang mengajak kepada keberislaman yang sempurna, lalu mulailah muassis pondok KH Abdul Halim Dimyathi memberikan 100% kehidupannya untuk agama dan mengorbankan segalanya demi agama," katanya.
Lebih lanjut, para peserta studi banding menyampaikan tentang tantangan mengelola suasana kesatuan hati para pengurus dalam membina pondok pesantren juga cara meuwudkan suasana ma’nawiyah, yang disambut dengan jawaban dari asatidz Dar El-Wihdah pengalaman tentang masalah tersebut.

Bakda sholat maghrib, program mudzakaroh dari pimpinan Ponpes Dar El-Wihdah KH Adrian Juanan Raden, S.Ag sekaligus doa penutup dan makan malam berjamaah.


Komentar