Syeikh Ali bin Abdurrahman Baharmy Kunjungi Dar El-Wihdah

Pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020 Pondok Pesantren Dar El-Wihdah Sragen mendapat keberkahan dengan kedatangan guru besar ahli Qiroat dari Tarim Yaman. Beliau adalah Syeikh Ali bin Abdurrahman Baharmy, pengasuh Zawiyah Baharmiyah dan pengajar Ilmi Qiroat di Ma’had ‘Aidrus Lil Qiroat di kota Tarim Yaman. Setelah hampir sebulan beliau melakukan safari dakwah di seluruh Indonesia, beliau berkenan meluangkan waktu sehari semalam untuk memberikan rangkaian kuliah umum keislaman maupun khusus kepesantrenan di Dar El-Wihdah.

Tiba di Dar El-Wihdah beliau disambut oleh KH Adrian Juanan selaku pengasuh ponpes beserta seluruh jajaran asatidz di komplek pondok putri II untuk memberikan nasehat untuk seluruh santri putra maupun putri. Hadirin begitu antusias dan semangat mendengarkan nasehat-nasehat beliau. 

 

Syeikh Ali bercengkerama bersama asatidz Tahfidz

Kajian Umum bakda Maghrib


  
Ziyaroh makam KH Abdul Halim


Selepas Ashar diadakan majlis tahsin Al-Quran untuk santri-santri huffadz dibawah bimbingan beliau langsung. Lalu bakda Maghrib dibuat kajian umum dengan tema ‘Al-Quran sebagai Penyelamat Kehidupan’ untuk seluruh jamaah masjid dan seluruh tamu undangan. Ikut hadir dalam acara tersebut Imam Masjid Raya Al-Falah Sragen beserta pengurus, pengasuh bidang Tahfidz SMK Entrepreneur, pengasuh Ponpes Ar-Rohim dan banyak tokoh masyarakat yang lain. Sesudah acara makan malam dilanjutkan majlis nasehat khusus para pengajar Al-Quran dan talbis ‘imamah oleh beliau kepada seluruh asatidz yang hadir.

Jumat pagi bakda subuh, santri-santri putri menyetorkan hafalan Matan Jazariyah sekaligus tahsin bacaan Al-Quran kepada beliau, dilanjutkan pemberian pesan nasehat untuk para santri-santri hafidzah, nasehat yang amat berharga sekali bagi para santri yang telah khatam menghafal Al-Quran. Sesudah sarapan pagi, beliau beserta rombongan asatidz dari pondok berziarah ke makam pendiri ponpes Dar El-Wihdah KH Abdul Halim Dimyathi di Klumprit Sukoharjo kemudian melanjutkan perjalanan beliau ke Magelang.

Diantara nasehat beliau dalam rangkaian acara di Dar El-Wihdah adalah : “Kita harus bersyukur diletakkan di maqam Al-Quran. Andai saja kita tidak mendapat jatah apa-apa dari bagian dunia, namun kita diberikan oleh Allah maqam Al-Quran, maka itu sudah mencukupi semuanya..”

Teringat sabda Rasulullah ﷺ :

أَتاكُمْ أهْلُ اليَمَنِ هُمْ أرَقُّ أفْئِدَةً وأَلْيَنُ قُلُوبًا الإيمانُ يَمانٍ والحِكْمَةُ يَمانِيَةٌ

"Telah datang kepada kalian penduduk Yaman, mereka adalah orang yang paling lembut hatinya. Iman itu (bernisbat ke) Yaman, hikmah itu (bernisbat ke) Yaman." (HR Bukhari)

Semoga Allah meridloi kita semua dengan keberkahan Al-Quran dan ahli Al-Quran.

Komentar